Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast

Sanity Keeper: Keeping sanity by exposing insanity [SanKee]

Dajjal Sudah Tiba: Penggerogotan Dari Dalam - Thursday, September 23, 2004

Kemarin, gue berkesempatan berkenalan dengan seorang gadis muda lulusan SMA. Dari percakapan dengannya, gue mendapati bahwa dia belum lama lulus SMA, dan gak ngelanjutin ke jenjang kuliah. Dia sekarang bekerja pada sebuah showbiz. Dia juga pernah jadi figuran pada beberapa film seperti Ciuman Pertama, Buruan Cium Gue, dan banyak lagi yang gue nggak inget.
Di kesempatan lain, ada seorang pemuda asal Jambi dimaksudkan datang ke Jakarta oleh ibunya untuk kuliah, tapi dia end up kerja pada sebuah agency.

Gak ada yang salah, memang. Setiap orang berhak menentukan ke mana arah hidup mereka. Yang gue khawatirkan bahwa gue punya teori konspirasi penghancuran NKRI ini. Di mana, setiap stasiun televisi sekarang menawarkan cara cepat menjadi bintang. Overnight! Mereka melihat seorang Veri, dari sebuah dusun terpencil nun jauh di sana, 'berhasil' menghiasi cover-cover tabloid, menghiasi layar perak dalam iklan-iklan, mendapat job-job konser di daerah-daerah di Indonesia, dan yang penting earn loads of shit of money.

Semua itu mereka dapatkan dari tivi! Nah, semalam gue baru sadar kalau tivi itu ternyatalah si Dajjal: dia bermata satu, dan menyesatkan manusia. Gue bingung dengan anak-anak sekarang yang udah nggak ada semangat lagi untuk melanjutkan pendidikan mereka. Coba, bayangkan kalau di NKRI ini ada kira-kira 100juta abege. Diambil setengahnya, 50juta, silau sama gemerlap panggung AFI, gempita suasana Indonesian Idol, beningnya peserta Model Indonesia, dan lain-lain, mengakibatkan mereka tuli pada bom Kuningan, buta dengan kabut asap di Kalimantan, tolol kalau ditanyai tentang PON yang baru-baru ini diadain di Palembang.

Gue nggak nyalahin mereka sebenernya sih. Percakapan gue dengan si gadis ini menyiratkan kalau dia sebenernya anak yang cukup baik. Cuman aja sayangnya, dia terlalu terekspos ke dunia entertainment. Masih banyak ladi yang bisa dilakukan.

Gimana dengan masa depan NKRI ini? Bayangkan, kalau semua generasi penerus kita ini cuman tahu rating, SMS, dll. Padahal, 20-30 tahun lagi, kita mungkin sudah gak mampu lagi menjadi mesin penggerak negeri yang emang dasarnya udah bobrok ini. Melenakan abege-abege itu menurut gue adalah penggerogotan kesatuan dan persatuan NKRI ini. Menurut gue, kita harus maju, dan didik dengan keras adik, anak atau siapapun juga untuk mau maju.
Jangan tunggu sebelum semuanya jadi terlambat!

Sanity keeper says, "Di negeri yang bobrok ini, kaum mudanya masih juga perlu dibikin bobrok. Adalah tugas kita sebagai kakak, orang tua, untuk mendidik mereka, adik, dan anak kita untuk mampu memakai otak mereka menjadi maju. Saya waras dan saya menjaga kewarasan saya dengan menjauhkan diri dari cara cepat menjadi bintang."

[ ] Posted at 10:07 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Sanity Keeper

Previous Post

My Blog Ring

Powered by Blogger